Ingin belajar mixing mastering vocal

Mohon maaf sebelumnya jika boleh tau untuk mixing vocal yang baik yang bagaimana dan memaksimalkan hasilnya juga butuh plug in apa saja dan setinganya berapa haha mohon maaf ya saya masih belajar kalo teman teman bisa bantu oh iyo saja mengunakan mic condensor pasaran dan sanggat murah karena ya low budget haha pakai mic taffware, mohon di bantu ya teman teman terimakasih

2 Likes

Vocal emang di sebuah lagu rajanya dari semua track.dan klo raja istilahnya serba di istimewakan…
klo saya mengistimewakan sang of the king,saya biasanya langkah2nya.

Tek vocal dlu yang pas, jadi posisi wajah sang raja/ratunya paskan dlu dengan monitor musik,berikan monitor yang nyaman misal di kasih revebh di aux send nya agar terdengar dan berkesan nyaman, pada saat tek vocal perhatikan juga jarak antara posisi mulut dengan micnya posisi jauh dri mic akan menghasilkan suara agak high klo posisi terlalu dekat biasana akan banyak lownya yang di tangkap.jadi seimbangkan dlu,seimbangkann dengan cara latian 1 sampai 5 putaran sebagai pemanasan sambil mencari signal yang pas.

Jika sdh dapat hasil yang pas,biasanya tahap edit klo vocalis yg sdh hapal di tone pastinya tau mana yg mis(melenceng dri garis not)bsa di katakan fals tapi ga fals ( :grinning:)bisa di edit dengan pitch correction/melodyn dan antares dll.

Selanjutnya klo vocal di rasa sdh tegak di not pastikan suara sssh dan pov ,bop dan bup itu tdk mengganggu frekuensi lain biasanya saya menggunakan plugin deeser,fungsi deeser buat hilangin nada2 itu,bup,pov,bop,sssh,ssiiss.salah seting bsa berantakan silahkan pelajari,

Nah setelah itu chek dynamika nya vocalis ,dinamika itu paham pastinya ya edit pake compresor,kelebihan kompres sama berantakan suaranya,pelajari kompresor,

Tahap selanjutnya ini yg paling penting equalizer.tanpa equalizer bagai sayur tanpa garam,equalizer lah yg membuat sesuatu jadi lembut.tapi sama halnya salah seting equalizer berantakan smuanya.klo saya pribadi sblm memasukan hal2 tadi di atas saya liat basic dasarnya focalnya dlu klo serasa vocal itu sdh bagus di awal saya ga terlalu banyak geser2 tombol2 plugin/tools tadi

Nah setelah smua oke baru tahap pemanis dri sang raja kita kasih efx refeb atau delay sedikit…yg sesuai dengan nuansa lagunya.sya rasa cukup penjelasan karna saya juga masih belajar untuk medalami hal vocal ini.

Kesimpulan dri penjelasan saya.maximalkan dlu di pengambilan /capture suara sang raja nya,selebihnya tinggal poles2 dikit.smoga bermanfaat.

Salam audio dan salam sehat selalu.

1 Likes

Hi @Feryrakeri, sebelum mulai mixing hasil rekaman mic tsb, sebaiknya bunyi / frekwensi yang tidak enak di kurangi dulu seperti yang saya bahas di video ini:


Catatan : Judulnya seperti itu karena untuk di youtube :stuck_out_tongue: Tetapi inti videonya adalah trik mengurangi frekwensi yang mengganggu karena rekaman pakai mic murah !

Setelah melakukan apa yang saya bahas di atas, bisa coba tonton video ini:


Perhatikan saat saya bahas tentang mixing vokal, tentang penggunaan Compressor dan EQ dsb !

Bisa juga nonton video ini:

Kalau dari 2 video di atas, ada plugin yang kamu gak punya, perhatikan saja jenis pluginnya dan cari jenis plugin tsb yang kamu punya.

Misalnya saya bahas tentang Compressor dan di video di atas, saya pakai produk Waves VComp, dan kamu gak punya, cari aja Compressor lain dan serap prinsip cara pakainya.

Dan semoga paham bahwa belajar mixing itu tidak bisa instan…saya selalu bilang bahwa butuh 100 lagu kamu mixing baru “mulai” bisa mendapatkan hasil bagus !

Semangaat :heart:

1 Likes