Little Drummer Boy (cover) - Mohon Masukan dan Bantuan Pilihan

Rekan dan para senior yang terhormat, ijinkan saya sebagai orang yang beneran baru kenal dengan dunia per-audio-an ini untuk memohon masukan dan bantuan untuk memilih manakah yang lebih baik untuk di publish (rencananya akan di publish di bulan desember, sambil mempelajari lebih detail tentang license cover lagu yang pernah saya tanyakan di forum ini juga), berikut pilihannya:


atau

Awalnya, seiring dengan perayaan hari natal di bulan desember nanti, beberapa pekan yang lalu saya dan adik saya berinisiasi untuk membuat project kecil-kecilan mengcover lagu yang berhubungan dengan natal. Dari beberapa lagu, terpilihlah lagu little drummer boy sebagai lagu pertama yang akan dibuat versi covernya. Sebagai penyuka lagu klasik, orchestral menjadi pilihan kami sebagai warna musik dari lagu cover.

Kami pun membagi tugas, saya yang membuat aransemen dan mixing, adik saya dan istrinya yang mengisi vocal.

Project kecil-kecilan dengan thema ‚Äúbudget terbatas‚ÄĚ ini membuat kami rekaman di rumah hanya dengan peralatan yang sudah ada. Dynamic mic KREZT Beta-58 menjadi pilihan utama saya ketimbang kondenser Taffware BM-800 dengan maksud untuk menghindari suara dari mangkok yang di pukul dengan sendok oleh tukang bakso yang kemungkinan besar bakalan lewat di depan rumah. Mic yang digunakan secara handheld dan di colok ke audio interface Komplete Audio 6 kemudian diolah dengan kolaborasi yang rukun antara DAW Reaper dan laptop berprosesor Celeron N4205U.
:grin:

Pada saat proses mixing, setiap take vocal yang di pake setelah saya potong suara tarikan nafas dan plosh yang kira2 sangat mengganggu, lalu saya kasih plugin autotune bawaan Reaper (ReaTune). Kemudian di folder tiap vokalis saya kasih treatment yang sama, pertama saya automation volumenya, kemudian dikasih vocal cleaner dari wavesaudio, eq bawaan reaper (reaEQ), dan RVox serta H-Comp dari waves. Folder vocal saya panning 10%R dan 10%L, niatnya sih supaya nggak terlalu tabrakan aja suaranya. Untuk mixbus vocal saya kasih preset ‚Äėgentle and clear‚Äô di plugin Neutron 3 element. kemudian di send ke delay (ReaDelay), vocal reverb (ReaVerbate) dan sedikit ke reverb untuk instrumen musik.
berikut screenshot-nya:

Untuk musik, saya menggunakan vst BBC Symphony Orchestra (versi hasil penantian selama 2 minggu) serta snare dari Steven Slate Drums 5 versi gratisan. Pada saat pengerjaan awal, setelah saya menentukan nada dasar yang masuk untuk vokalis, saya ‚Äėgambar‚Äô dulu chord dan leadnya di track yang terpisah. Kemudian hasil menggambar chord saya bagi-bagi ke instrument yang saya gunakan. Begitu juga dengan lead, setelah saya gambar harmonisasi nya.

Khusus untuk snare saya berikan keistimewaan untuk selalu muncul dari awal hingga akhir, alasannya karena judul lagu nya, hehehe… tapi saya usahakan untuk tidak terlalu mengganggu lagu secara keseluruhan (saya atur velocitynya). Khusus snare juga yang saya kasih reverb di track sendiri untuk mendapatkan suara snare yang sesuai dengan bayangan saya (menggunakan plugin Acon Digital Verberate Basic 2). Selain snare, hanya tuba, bass (string), dan trombone yang saya kasih efek OneKnob Phatter dari waves dengan maksud agar suaranya terdengar lebih bold, suara instrumen lain default bawan vst.

Setiap instrument termasuk snare kemudian saya masukkan ke satu folder mixbus, dipakein preset ‚Äėorchestra bus‚Äô di neutron 3 element dan dikompres menggunakan Solid Bus Comp bawaan Native Instrument. lalu di send ke reverb instrument musik dengan plugin bawaan cakewalk by bandlab yaitu Sonitus:fx Reverb. Kemudian di Master Track saya kasih preset gentle and clear di Neutron 3 element.

Sebenernya setelah proses mixing selesai, saya anggap semuanya kelar dan tinggal lanjut di mastering, tapi kemudian saya punya ide untuk mematikan suara lead dari instrument, setelah saya coba matikan suara lead dari instrument, kok kedengerannya hasilnya nggak kalah asik karena bikin suara dari instrumen lain terdengar lebih bold sedikit.

Nah sekarang saya jadi bingung sendiri, yang manakah yang lebih bagus atau lebih enak untuk di publish nanti, yang pake lead dari instrument atau yang nggak pake? atau ada masukan lain? mohon pencerahannya.
oh iya, kebetulan saya belum punya speaker monitor, jadi mixing cuma ngandelin headphone AKG K52, Behringer HPM1000, dan earphone hippo 30ribuan, saya punya feeling kalo hasilnya masih banyak kekurangannya, maka itu saya beneran berharap kalo memang ada masukan, mohon jangan sungkan untuk disampaikan.
terima kasih sebelumnya.

2 Likes

Wah keren covernya, suka banget (vokalnya bagus banget) :heart::heart::heart:

Kalau saya suka versi kedua karena vokalnya jadi lebih terdeengar dominan :+1:

Btw makasih untuk share proses produksinya yang sangat detil dan lengkap, ini yang di harapkan di forum #showcase-musik-member karena menambah wawasan saya (dan semoga yang lainnya juga) :pray:

Oh ya, ntar update lagi tentang license / ijin covernya, apakah bayar atau cuek saja :stuck_out_tongue:

Sukses selalu dan ditunggu karya-karya lainnya :pray:

terima kasih untuk masukannya, pak agus

baik, pak. nanti saya bakalan update lagi tentang licensenya :grin:

1 Likes

Wuisss asik mas @marbunpol, vokalnya bener² wenakk banget :heart::heart::heart:, keren mas :blush:, asli keren banget ini mahh.

Dua²nya bagus, cakep semua sih ini hasilnya :blush::+1::+1::+1::+1:.

2 Likes

ah… bisaan aja mas endie… makasih ya, mas… :blush:

1 Likes

Sama² mas, arransemen dan yang nyanyi alias vokalis, emang josss banget suaranya :blush::+1::+1::+1::+1:.

Semangat trus untuk karya² dan rilisan selanjutnya yaa mas :blush:

1 Likes

Setuju :heart::heart::heart:

1 Likes

Nahhkan, begitu dengerin vokalnya, emang asik dan wenakk sih mas hihihi.hehehe

Hihihi… jadi malu… terima kasih, pak agus dan mas endie

Ngomong-ngomong, kalo saya dengerin lagi… kok kayaknya delay vocalnya jadi terdengar agak sedikit berlebihan di versi tanpa lead dari instrument ya… apa cuma perasaan saya doang? Jadi kepengen ngulik lagi sebelum masuk ke mastering… hehehe…

Kalau saya sih gak merasa begitu :smiley:

Tetapi sah-sah saja karena emang kita sebagai pembuat produksinya normal merasa begitu…istilahnya…Bikin musik itu tidak ada titik berhenti, selalu tidak puas…hanya deadline rilis atau deadline dari klien yang memisahkan kita (dengan karya kita) :smiley:

1 Likes

waaahhhh, keren Bang cover nya… suara vocal nya ciamikkkk… :stuck_out_tongue_closed_eyes:

1 Likes

saya seharian jadi mikir, pak… hehehe… antara mending lanjut dulu atau kulik lagi dulu
kalo deadline rilis sih pertengahan desember, seminggu sebelum rilis itu rencana deadline administrasi ijin/license.
belum ada target berapa total lagu yang akan di cover, tapi sampe saat ini sudah ada 2 lagu lagi dalam pengerjaan, ‚Äúhave yourself a merry little christmas‚ÄĚ yang dibikin agak sedikit jazzy secara ringan (besok baru masuk tahap take vocal), dan lagu ‚Äújuruslamat dunia‚ÄĚ dari Sari Simorangkir yang juga mau dibikin versi full orkestra (musik udah siap tapi masih berbentuk musik instrumental karena belum ngomong ke partner, rencananya mau diomongin besok sekalian recording)

yah, palingan besok sekalian ketemuan sekalian review final hasil mixingnya, biar mereka juga bantu mikir :grin:

terima kasih buat masukannya, pak.

1 Likes

hihihi… terima kasih banyak mas @Michael24
belajar dari hasil cover mas michael juga ini
kalo ada masukan, mohon jangan sungkan untuk disampaikan :pray:

1 Likes

Tanya ke hati kita aja…ntar di kasih jawabannya koq :smiley:

1 Likes

Saya juga masih belajar bang disini… :grin:
Syukur kalo yg saya share bisa bermanfaat… saya juga belajar dr yg temen2 share… nambah ilmu dan pengetahuan teknis dan non-teknis… jadi kita semua bisa sama2 belajar… :grin:
Sukses bang cover nya :grin:

1 Likes

Terima kasih atas semua masukan rekan dan para senior sekalian yang saya hormati, sebagai update hasil cover telah di publish di soundcloud:

sesuai dengan janji saya dengan pak agus tentang update license, dari 4 lagu yang saya ajukan, yang dipake license cuma 2 lagu, yang 2 lagi masuk ke public domain, katanya… :grin:

mungkin hasilnya masih jauh dari bagus, hasil belajar kurang lebih 6 bulan terakhir pun nggak bisa dijadikan alasan, untuk itu jika ada masukan, mohon jangan sungkan untuk disampaikan, saya akan belajar lebih baik lagi. Sekali lagi saya sangat berterimakasih atas semua masukan dan ilmu yang dibagikan oleh para rekan dan senior di forum ini. semoga kita semua tetap semangat, tetap sehat dan tetap berkarya.

1 Likes

Kereen hasilnya :+1:

Jadi lagu apa yg ada licensenya dan lagu apa yang udah public domain ?

Lalu bisakah share berapa bayar licensenya?

Sukses terus !

1 Likes

makasih banyak, pak… jujur, saya sebenernya masih kurang puas sama hasilnya, saya masih harus banyak belajar lagi…

kemarin itu saya nyoba buat nerapin sistem deadline, yaitu 12-12 pukul 00.00 musti udah di upload, soalnya kata orang kalo nggak begitu, nggak bakalan jadi hasilnya karena bakalan tergoda buat revisi terus.

bisa, pak. jadi awalnya itu saya mengajukan keempat lagunya, setelah bayar semuanya (mumpung ada diskon), lalu saya diberitau kalo ternyata yang 2 lagu itu ternyata public domain, nah yang public domain itu ternyata di refund sama pihak mereka… berikut screenshot untuk biayanya:


sebenarnya mau masukin satu lagu indonesia (lagu ‚ÄúJuruslamat Dunia‚ÄĚ dari Sari Simorangkir) tapi ternyata setelah saya hubungi lewat email yang tertera di youtube resminya, saya nggak sanggup bayarnya (mereka minta 5 juta untuk license covernya, itupun sudah diskon 50%), ya nggak jadi deh‚Ķ

semoga kita sukses terus semuanya, sukses lahir dan batin.

1 Likes

Betul sekali hahahaha

Wow nice to know :heart:

Saya bisa memahami mereka (walau memang mahal dibandingkan biaya license lagu luar).
Karena lagu luar itu bermain di kuantitas, mungkin sedunia ada puluhan ribu yang pakai sehingga biaya license bisa semurah itu. Sedangkan yang di dalam negeri, sangat sedikit yang membayar license, akhirnya jatuhnya lebih mahal :pray:

Tidak apa-apa, setidaknya member di forum ini dapat pencerahan dari topik ini :heart_eyes:

Makasih udah mau berbagi cerita dan sukses untuk karya-karya selanjutnya :pray:t2:

1 Likes