SHARING Teknik Mixing Vokalmu Disini!

Kayaknya seru kalau masing-masing share cara mixing vokal disini :smiley:

Memang mixing itu tergantung konteks lagu, selera pribadi, permintaan klien dll dsb, tetapi kalau di bawah ini pada komen apa yang dilakukan saat mixing vokal + cerita konteks lagu & genrenya, bakal nambah wawasan semua :+1:

Ini saya share teknik mixing vokal dari 13 Mixing Engineer yang merupakan mixing engineer artis-artis Indonesia seperti BCL, Kotak, Nidji, Andmesh, Tulus, Yura, Maudy Ayunda, Raisa, Afgan, Vidi Aldiano, d’Masiv, Tohpati, Erwin Gutawa, Isyana, Noah, Marcel, Glenn Fredly dll :heart::heart::heart:

Berikut ini daftar isi videonya (klik menitnya untuk langsung nonton ke bagian sharing masing-masing engineer tsb) :

  1. 01:27 Edi Hazt
    Pendekatan ala mixing dgn mixer analog yaitu pakai plugin Channel Strip (Filter, Compressor, EQ dan Gate yaitu Waves CLA MixHub atau Andrew Scheps Omni Channel Strip.
    Lalu kalau di pecah / satuan, pakai De-Esser, Compressor Waves C1, Filter untuk Low Cut, EQ SSL, EQ karakter Neve atau API, lalu compressor yang “heavy” yaitu LA2A atau 1176, EQ untuk bikin ‘Open’ dengan Waves Q4, EQ Pultec (Pasive EQ).
    Untuk genre Rock/Metal, pakai plugin Doubler atau Octaver.
    Send FX pakai Waves H-Delay dan mainkan feedbacknya. Juga Mono Reverb dengan preset Room atau Hall. Lalu bisa juga Reverb pakai preset Plate Reverb dengan seting Pre-Delay bukan di 0. Ada juga Reverb Eventide, Manny Marroquin Reverb, Soft Tube, Valhalla.
    Kadang juga pakai Stereo Chorus di track Backing Vocal di Insert.

  2. 08:44 Harmoko Aguswan (Moko)
    –Menyusul–

  3. 09:42 Sadat Effendy
    –Menyusul–

  4. 13:40 Lulud Pambudi
    –Menyusul–

  5. 18:05 Deni Yunindra mix@home
    –Menyusul–

  6. 19:12 Ari ‘Aru’ Renaldi
    –Menyusul–

  7. 22:27 Nabil Husin
    –Menyusul–

  8. 23:06 Joseph Manurung
    –Menyusul–

  9. 28:33 Anggi Anggoro
    –Menyusul–

  10. 33:17 Eko Sulistiyo
    –Menyusul–

  11. 39:41 Wawan Qreebow
    –Menyusul–

  12. 41:02 Rizki Wahyudi
    –Menyusul–

  13. 44:51 Angga Satriana
    –Menyusul–

Silakan share teknik mixing vokal kalian di bawah ini !

1 Likes

Wah gile nih master-master semua. Makasih udah bikin videonya nih pa @agushardiman

Kalau saya umum aja,
Deesser pake waves, atau Sibalance dari TB
Lanjut pake SSL channel strip (dari waves, bx, dll tergantung lg mood liat GUI yang mana bwkwkk) buat angkat 8k hi-shelving nya, lo filter di atas 100, removing muddy sama honkynya.
Masuk 1176, LA2A setting tergantung tipe vocal dan genre.
Biasanya post compressor, saya EQ lagi buat compensate karakter dari compressornya, pake Waves REQ
kalau perlu notching2 dikit pake ReaEQ aja.

Reverb pake plate, mostly pake valhalla vintage verb ato spaces II dari east west.
Kalo delay, beda-beda tergantung genre dan lagu.

1 Likes

Waw mantap sharingnya :+1:

Baru ngeh ada DeEseer ini…plus minusnya ama Waves apa?

Beda pendekatan sih pa, kalau sibalance dia mirip soothe gitu, dynamic resonance suppressor.
Jadi kalau waves Rdeesser atau deesser pada umumnya meredam sibilance pada rentang freq tertentu secara rata (misal di setup dari 5khz ke atas, walau sibilancenya cuma nongol di 7k, ya deeseernya tetep neken freq 5khz ke atas secara rata), kalau TB sibalance cuma meredam freq yang nongol/resonance dari sibilance nya aja. ya ada plus minus dua-duanya

1 Likes

Oh jadi kayak prinsip kerja Dynamic EQ ya?

Kayak dynamic eq/multiband comp dengan band yang sangat banyak. :grin:

1 Likes

Kalau saya standar aja sih hehehe. Saya kalau mix vocal biasanya saya filtering dulu untuk buang frequensi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Setelah itu bisa masuk ke saturasi, compressor, atau eq tergantung sikon hehe. Untuk saturation biasanya saya pake tape simulation sih. Bisa pake ozone vintage tape, kramer tape waves, soundtoys decapitator, audio assault headcrusher, atau softube saturation knob hehe. Kalau abis di saturation biasanya saya akan check lg, kalo ada yg “lebay” biasanya saya balik ke step filtering lg.

Untuk compressor kadang pake yg agressive macem LA2 atau FET macem 1176. Kadang pake duaduanya dalam satu channel hehe. Sometimes pake Emulasi Focusrite Red, kadang pake waves Rvox.

Eq biasanya sih pake emulasi pultec untuk bring out high nya. Sometimes pake API atau Neve. Hehehe

DeEsser pasti ada

Reverb dan delay biasanya saya send ke aux baru. Reverb saya pake SpaceD logic pro x. Kebetulan juga saya donlod free IR Lexicon hehe. Vocal biasanya pakai Plate

Delay saya pakai stock delay daw saya hehe. Kadang pake H delay juga

Kebiasaan saya, saya suka boost vocal di freq low mid untuk dapet bodynya.

Gitu aja kalau saya pak hihihi sampai saat ini masih nyoba nyari yang lain lg wkwkwkw

1 Likes

Pertama jelas dengerin dulu ya konsep lagunya, aransemen vs vocalnya bagaimana.
Posisi vocal itu ibarat raja, dimana drum dan bass itu pondasi lantai anjungannya, dan instrumen sisanya adalah para pengiring dan dayang2. Jadi vocal harus kinclong dari yg lain (tapi kudu cek juga apakah ada Ratu / bagian yg perlu kinclong yg lain yg berdampingan? wkwkwk)…

Trus cek kebersihan si raja dulu, make sure clean sesuai konteks (kalo konteksnya kerajaan kotor2 gitu ya uda sekalian semua kotor wkwkwk). Di clean pake noise reduction kalo umpama misalkan andaikan rekamannya kurang kedap ruangannya dsb, tapi usahakan dapet materi yg bagus sih >.< jadi kita enak mix nya LOL. Kalo engga ya mari kita bersihkan dulu dgn RX de-macam2.

Setelah itu didengarkan di lagunya, apakah ada yg perlu di Gain envelope (di otmesyen gainnya supaya lebih stabil dinamikanya). Kadang ada yg belang tuh krn rekamannya berkali2 dan jarak ke mic ga konsisten. Ya terpaksa ini kadang2 di gain envelope dulu biar ga terlalu belang…

Bis tu, lanjut ke processing. Kalo sudah pas ya ga usa diapa2in sih (kadang ada rekaman yg uda di process hardware pas take, ya kl uda enak yowes ben). Kalo biasa masi mentah umumnya kurang ke depan, kurang open, kurang sexy, biasa hajar pake Maag EQ2 utk bikin sexy dan nambah bodi ato kedepanin. Kalo masi kurang, biasa pake API 550 utk poles lagi. Setelah EQ, biasa jaga dinamika. Kalo cewe ato yg sexy2 biasa pake Fairchild 760, krn aku suka air freqnya sering dilepas jadi desah lbh berasa. Kalo yg mid2 macho gitu biasa pake 1176. Terakhir ditutup dengan De-esser dari SPL yg gentle2 ajah.

Kasus aman biasanya sperti itu. Tapi kalo kasus ga aman? Biasanya keluar Multiband Compressor, atau Dynamic EQ seperti TDR NovaGE. Biasanya kalo suaranya ada freq yg dominan aneh dan ga perlu, ato ngeganggu di titik2 sulit.

Kalo perlu character shaping, terutama yg vocalnya karakternya tenggelem perlu di kedepanin lebih lagi, biasanya ditambahin Distortion (pake presonus redlight) sebelum compressor, ato sblum EQ. Liat2 pasnya di posisi mana…

Terus reverb. Reverb ini adalah bagian dari sound juga, karena dengan nambah reverb itu berarti menambah sound. Jangan dianggap remeh, selain perannya juga memberikan dimensi, ruang dan depth. Untuk menentukan jenis reverb, biasanya saya mbayangin konsep panggung atau ruang dari musik tsb. Misal musik genre disko bayangannya stage yg lebar besar dgn lampu warna warni. genre jazz dgn room lbh kecil tertutup, well tergangung konsepnya. Dari situ kita tentukan lah reverb utk vocal mau seperti apa, ruang yg bagaimana. Biasa reverb vocal sih pakai ValhallaReverb atau Plate reverb lain. Saya suka jenis Plate, tapi kadang juga mencoba jenis yg lain sperti chamber atau room. Tergantung konteks. Dan selebihnya saya biasa kalkulasi decay dan predelay sesuai tempo lagu, dengan plus minus sedikit biar musikal.

Baru setelah itu atur dinamika lagi pake otomesyen kalo perlu bermain ekspresi lebih terutama utk lagu2 pop slow.

Ya apapun itu, goalnya adalah vocal itu main spotlightnya, raja nya dalam kerajaan lagu itu. Jadi harus kinclong, tapi tentu kita juga perlu perhatikan instrumen lain supaya jangan ngganggu posisi kursi raja dan nutupin lampu sorotnya si raja. Karena itu perlu perhatikan permainan frequency dari semua instrumen. Biasa vocal itu bermain di posisi 1-1.5khz, clarity di 2-3khz, sybilance di 7-10khz. Body di 400-500hz. Jadi perlu hati2 instrumen lain yg nyenggol2 freq itu di posisi CENTER.

2 Likes

Yoooi biasanya killer combonya 1176 buat jagain peak/transient trus di babat LA2A buat ngompressnya.
Bisa juga compressor ada lebih dari 3-4 dgn kompresi yang masing-masing minimal !

1 Likes

Bener ini dan seperti kata mas Eko Sulistiyo di video sharing mixing, Reverb itu menjadi arah penentu lagu akan ke arah mana atau akan berakhirnya gimana :heart_eyes:

1 Likes

Itu Mas Eko emang jagoan Reverb kata temen2. Aku juga belajar dari orang yg sering kerja bareng Mas Eko

Betul dan itu keren banget, Reverb menentukan arah mixing…gileeeeeee !

2 Likes